Blog ASMAT SIAGIAN

Blog Asmat Siagian berisi tentang pribadi, hobby, keluarga, pandangan/pendapat juga tulisan-tulisan berbagai hal. Terutama tulisan-tulisan tentang adat istiadat Batak khususnya adat Sidippuan yang disajikan secara sederhana diharapkan dapat bermanfaat bagi kehidupan.

Rabu, 30 Maret 2011

KEANGGOTAAN APAKI

Sesuai dengan nama Aliansi PNS Anti korupsi yang sudah seharusnya memiliki visi dan misi serta tujuan yang jelas. Niat membentuk aliansi ini tentu disamping sebagai gerakan moral tentu memiliki visi, misi dan tujuan yang mulia. Melihat dari hari ke hari minat untuk bergabung dalam aliansi cukup besar dan semakin beragam, perlu difikirkan langkah melindungi dan mengarahkan aliansi kepada jalan yang seharusnya ( on right track ).

Perkembangan semakin banyaknya orang yang bergabung dengan Aliansi yang notabenenya berasal dari Non PNS perlu pemikiran untuk membatasi atau membuat wadah yang anggotanya bisa dikontrol hanya dari kalangan PNS sesuai dengan format pembentukannya.

Sebagai simpatisan tentu saja tidak ada masalah, selama tidak memberi pengaruh yang akan dapat mengubah visi, misi dan tujuan. Mekanisme kontrol perlu diterapkan agar aliansi ini dapat berkembang dan tidak dapat dimanfaatkan untuk tujuan tertentu.

Seperti diketahui bersama "korupsi" sudah sangat mengakar dalam setiap sendi-sendi kehidupan dan memilki kekuatan yang sangat dasyat sehingga kalau ada yang anti tentu akan mendapat perlawanan dari para pelaku atau yang pro bahkan orang-orang yang merasa diuntungkan dengan kondisi yang serba korup.

PNS yang bergabung dalam Aliansi PNS Anti Korupsi hendaknya menyadari semua langkah dan sikap yang diambil sebagai Anti Korupsi akan memiliki konsekuensi dalam berbagai hal seperti rasa tidak senang atau permusuhan dari teman-teman yang diuntungkan atau masih melakukan perbuatan korupsi, atasan bahkan mohon maaf "teman-teman PNS pro prilaku korupsi".

Dalam satu instansi atau unit kerja biasanya sudah saling mengenal dan mengetahui fungsi dan kedudukan masing-masing. Keseharian bekerjasama, saling sapa, bahkan sudah terjalin rasa persaudaraan sangat sulit menyatakan bahwa kita tidak menyukai perbuatan dari teman sejawat. Padahal seharusnya sebagai yang bekerja dalam satu ruangan atau satu instansi sekian lama bahkan sampai puluhan tahun sebenarnya ditiap instansi itu sudah saling mengenal dan mengetahui tindakan dan perbuatan satu sama lain.

Seandainya terjadi korupsipun biasanya semua mengetahui atau paling tidak bisa menebak siapa pelaku dan modusnya karena setiap orang telah memiliki fungsi dan tanggung jawab sendiri-sendiri. Jadi pilihan sesungguhnya ada pada kita, apakah kita mau berbuat, membiarkan perbuatan itu dilakukan oleh teman kita, kita bagian dari perbuatan itu, atau kita hanya diam saja seolah tidak pernah terjadi apa-apa.

Terkait dengan keanggotaan Aliansi PNS Anti Korupsi sudah seharusnya semuanya harus PNS, mohon maaf ..... selain PNS silahkan memberikan dukungan, masukan dan saran-sarannya tapi tetap bukan bagian dari Aliansi sebagai kumpulan para PNS yang menyatakan diri sebagai Anti Korupsi.

2 komentar:

  1. saya PNS Guru Kemenag, ingin bergabung ke dalam aliansi PNS anti korupsi,How?

    BalasHapus
  2. Aktivitas Aliansi PNS Anti Korupsi belum terlihat nyata, baru hanya sebatas gerakan moral. Di berbagai jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan lain-lainlah Aliansi ini membentuk komunitas. Melalui jejaring sosial juga saya mengetahui APAKI dan berusaha aktif menyuarakan melalui blog ini dengan harapan semoga gerakan ini menjadi gerakan bersama PNS untuk aktif melakukan pembrantasan korupsi.

    BalasHapus