Blog ASMAT SIAGIAN

Blog Asmat Siagian berisi tentang pribadi, hobby, keluarga, pandangan/pendapat juga tulisan-tulisan berbagai hal. Terutama tulisan-tulisan tentang adat istiadat Batak khususnya adat Sidippuan yang disajikan secara sederhana diharapkan dapat bermanfaat bagi kehidupan.

Senin, 28 Maret 2011

ALIANSI PNS ANTI KORUPSI

Perkenalan yang tanpa disengaja, rasa penasaran dan ingin pengetahui lebih dalam lagi membuat saya ingin menulis. Dengan menulis saya berharap ada tanggapan dan reaksi dari pembaca sehingga wadah ini lebih banyak yang akan saya ketahui terutama tentang kiprah aliansi PNS Anti Korupsi.

Setelah menonton di salah satu stasiun televise swasta dan langsung pada pagi harinya saya browser internet mencari apapun yang ada kaitannnya dengan aliansi ini, namun yang saya dapatkan hasilnya sangat minim. Aliansi di jejaring sosial Facebook dengan yang suka kurang lebih 2.165 orang (hari senin tanggal 28 Maret 2011) dan saya lihat blog penggagasnya serta di jejaring sosial lainnya seperti Twitter ada peningkatan sejak dimunculkan di TV.

Buktikan kalau masih banyak PNS yang jujur, bersih dan profesional. atau setidak2nya kita masih punya niat untuk bersih dan jujur (..ini fasilitas komunkasi untuk memprovokasi PNS untuk berupaya meminimalisir korupsi dan kolusi..). Inilah kata-kata yang tercantum di jejaring sosial Facebook. Kata-kata yang cukup sederhana namun memuat tantangan yang cukup berat untuk membuktikannya.

Dilihat dari judulnya seharusnya anggota Aliansi ini adalah PNS diseluruh nusantara yang jumlahnya kurang lebih mencapai 4-6 juta orang yang terdiri dari PNS Pusat, PNS Daerah, Guru / Dosen, Sipil TNI/Polri, PNS lembaga Negara seperti DPR/DPRD, Konsulat luar negeri dan lain sebagainya, angka 2.165 orang hanya sebagian kecil.

Jalur perjuangan memang bisa bermacam-macam bukan hanya sebatas aliansi atau mungkin ketertarikan terhadap aliansi ini yang belum muncul karena berbagai sebab. Atau hal ini juga dapat membuktikan terhadap kita, bahwa PNS memang sedikit sekali yang berniat bebas dari Korupsi dengan segala bentuknya.

Saya sudah berkerja selama 22 tahun sebagai pegawai dengan bidang tugas yang cukup beragam dan dipimpin berbagai tipe pemimpin selama ini memiliki sikap pesimis akan adanya pemberantasan korupsi di Negara yang kita cintai ini. Sikap ini bukan tanpa alas an karena setiap hari dapat melihat perilaku korup dan terkadang merasakan dampak dari korupsi.

Alasan-alasan sikap pesimis tersebut antara lain :

1. Sikap para elite politik atau pimpinan negeri ini yang tidak memiliki
kesungguhan untuk memberantas korupsi.
2. Perilaku korupsi sudah mengakar, bertunas, berdaun, beranting, bercabang,
beranak-pinak dihampir segenap kehidupan berbangsa ( sangat akut ya ....ih
seram)
3. Korupsi banyak menguntungkan berbagai pihak ( yang diuntungkan nggak perlu
tunjuk tangan udah tau sama tau )
4. Upaya pemberantasan korupsi hanya sebagai simbol dan kepentingan sesaat
bagi para petinggi negeri ini ( langkahnya besar dan ada, aksinya garang,
biayanya besar dan hasilnya pas-pasan kalau tidak tambah besar korupsinya.
5. Para pelaku umumnya dari kalangan birokrat dan pemegang kekuasaan lainnya
dan sektor swasta yang diuntungkan dengan kondisi ini.
6. Siapa sebenarnya yang benar-benar perduli terhadap kehidupan dan
penghidupan bangsa ini ?????????????

Banyak sekali alasan untuk bersikap pesimis namun sepesimis apapun harus ada yang melakukan usaha , itulah alasan saya ingin mengetahui tentang aliansi ini lebih jauh. Dengan harapan kalau memang masih ada yang anti korupsi, satukan langkah, bulatkan tekat untuk mencapai impian Indonesia bebas korupsi walaupun entah kapan.

Mari melangkah dan maju.

5 komentar:

  1. Selamat bergabung di Aliansi PNS anti korupsi, kami membutuhkan orang-orang seperti anda, memiliki pandangan yang jelas serta cita-cita yg luhur. Saat ini aliansi PNS anti korupsi masih berfokus pada "serangan moral" sedangkan realisasinya diterapkan sendiri di tempat kerja oleh masing-masing anggota. dalam waktu dekat setelah dipandang cukup kekuatan dari segi jumlah dan kualitas anggota maka kegiatan konkrit masal akan menjadi perhatian. Salam hormat kami.

    BalasHapus
  2. Selamat bergabung di Aliansi PNS anti korupsi, kami membutuhkan orang-orang seperti anda, memiliki pandangan yang jelas serta cita-cita yg luhur. Saat ini aliansi PNS anti korupsi masih berfokus pada "serangan moral" sedangkan realisasinya diterapkan sendiri di tempat kerja oleh masing-masing anggota. dalam waktu dekat setelah dipandang cukup kekuatan dari segi jumlah dan kualitas anggota maka kegiatan konkrit masal akan menjadi perhatian. Salam hormat kami.

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas tanggapannya, masih banyak PNS lain yang memiliki cita-cita yang sama, semoga PNS anti korupsi merapatkan barisan dan tidak tunduk pada berbagai halangan dan rintangan.

    BalasHapus
  4. tetap menjadi pns bersih adalah bukan suatu hal yang musykil jika memang ada kemauan karenanya mulailah dari diri sendiri untuk tidak memberi dan menerima atas sesuatu urusan yang berhubungan secara langsung/tidak langsung dengan pekerjaan.

    tanyalah pada diri sendiri, jika kita berdiam di rumah dan tidak memegang suatu jabatan apapun, apakah ada yang datang kepada kita untuk memberikan sesuatu?tentu jawabannya tidak!

    BalasHapus
  5. Sikap Anti Korupsi senantiansa harus dibangun dari dalam diri sendiri. Mengindari perbuatan tidak memberi dan menerima atas sesuatu urusan yang berhubungan secara langsung/tidak langsung dengan pekerjaan adalah suatu keharusan walaupun sering kali kita ditempatkan dalam posisi yang sangat sulit.

    Kemauan, keinginan, kesadaran akan sikap anti korupsi harus selalu ditumbuhkan dalam diri. Keinginan dan kesadaran bersama untuk terlepas dari belenggu prilaku korup pada PNS akan sangat membantu negeri ini bebas dan lepas dari beban belenggu korupsi yang sudah mengakar, berbatang, bertangkai dan beranting di setiap sendi-sendi kehidupan.

    BalasHapus